Shellyloch.com – Bunga memang merupakan objek foto yang indah. Oleh sebab itu, tak jarang banyak fotografer yang menggunakan bunga sebagai objek utamanya. Meski tampak mudah dan sepele, sebenarnya mengambil foto bunga tak bisa sembarangan. Ada hal yang harus Anda perhatikan agar mendapat hasil yang indah dan bagus.

Trik Foto Bunga Agar Terlihat Lebih Indah dan Bagus

1. Perhatikan Cahaya

Bagus tidaknya hasil foto dari bunga yang Anda bidik sangat tergantung pada faktor cahaya. Oleh sebab itu, perhatikanlah pencahayaan di sekitar ketika Anda mengambil gambar. Waktu paling baik mengambil gambar adalah pada siang hari namun bukan saat matahari sedang terik-teriknya. Sebab, di saat ini cahaya matahari terlalu kuat dan bisa kaburkan hasil foto.

2. Titik Fokus

Selain cahaya, Anda juga harus memperhatikan titik fokusnya. Tentukanlah titik fokus lebih dulu. Anda bisa memilih sekuntum bunga atau sekumpulan bunga berwarna-warni. Perhatikan bagian apa saja yang akan dimasukkan ke dalam frame dan perhatikan background serta foreground-nya. Jika dirasa tak menarik, lebih baik cari titik fokus lain.

3. Gunakan Tripod

Untuk membantu agar hasil gambar yang diambil tak goyang, tak ada salahnya Anda menggunakan tripod. Bila hanya menggunakan tangan, seringkali Anda tak sadar tangan goyang ketika memotret. Itu adalah hal yang wajar. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan tripod guna mengurangi risiko gambar goyang dan hasilnya akan lebih baik.

Baca juga : Trik Fotografi Pemandangan, Agar Hasil Bidikan Sempurna

Foto Bunga

4. Perhatikan Sudut dan Jarak

Cobalah untuk memotret bunga dari segala sisi. Jangan hanya terpaku pada satu sisi saja atau hanya diam di tempat. Coba ambil gambar dari berbagai sudut ketinggian baik dari atas ataupun lebih rendah dari objeknya. Perhatikan juga jarak Anda dengan objek foto yang akan diambil. Dengan begitu, hasil foto bunga yang didapat akan lebih bervariasi.

5. Gunakan Lensa Makro

Menggunakan lensa makro juga bisa jadi pilihan ketika Anda ingin mengambil gambar bunga. Dengan lensa makro, Anda bisa mendapat pandangan yang tak bisa diambil mata normal. Gunakanlah lensa yang memiliki foal length antara 85 hingga 200 mm karena ini adalah yang terbaik untuk mengabadikan bunga.

6. Jangan Acuhkan Bunga yang Layu dan Mati

Kadang, bunga yang mati dan layu bisa jadi objek yang indah. Anda bisa memotret bunga yang layu dan bunga yang mekar secara bersamaan untuk menciptakan efek yang dramatis pada sebuah foto. Hal ini tentunya bisa membuat foto Anda menarik perhatian.

Baca juga : Pelajari Trik Editing Foto Terbaik

7. Potretlah Secara Close Up

Tak ada salahnya Anda coba memotret bunga secara close up. Anda bisa melakukannya dengan cara zoom lensa sampai maksimal dan bisa juga dengan menggunakan filter close up. Dengan memotret bunga menggunakan metode ini, hasil gambar akan memiliki background yang blur dan meningkatkan detail yang tertangkap pada kamera.

8. Basahi Bunga atau Potret Setelah Hujan

Trik lain yang bisa Anda coba untuk mendapatkan hasil maksimal adalah dengan membasahi bunga atau memotretnya setelah hujan. Bunga yang basah atau berembun memiliki keistimewaan tersendiri dan hasilnya juga berbeda. Namun, pastikan Anda membuat teksturnya alami dan lembut untuk hasil yang maksimal.

Nah, itulah trik mengambil foto bunga yang bisa Anda terapkan untuk hasil yang terbaik. Tak harus ke taman, Anda bisa memfoto bunga di sekitar atau memfoto bunga yang dibeli dari tukang bunga saja. Anda tetap bisa mendapatkan hasil foto yang indah dan bagus dari bunga tersebut meskipun tak ada taman di sekitar Anda.