Shellyloch.com – Foto pemandangan atau dalam dunia fotografi disebut fotografi landscape memang sangat menakjubkan. Anda bisa memotret berbagai keindahan dan pesona suatu tempat dalam bingkai. Tentunya, untuk mendapatkan foto yang baik, perlu kemampuan khusus. Tenang saja, bagi pemula sekalipun, Anda tetap bisa mendapatkan hasil terbaik dan indah, kok!.

Trik Foto Pemandangan Jadi Semakin Indah dan Bagus

1. Gunakan Slow Speed

Salah satu trik yang bisa Anda coba untuk mendapatkan gambar pemandangan yang bagus adalah dengan menggunakan slow speed. Dengan ini, Anda bisa mencapai depth of field atau ruang fokus yang lebih besar dan tajam. Selain itu, foto yang dihasilkan juga bisa memberikan efek-efek terbaik untuk menambah estetika gambar tersebut.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan long exposure agar air dari sungai terlihat seperti cermin. Sungai yang sebenarnya berarus jadi lebih tenang dan menambah kesan minimalis dan indah dari gambarnya.

2. Gunakan Air Sebagai Refleksi

Memanfaatkan air sebagai refleksi juga bisa jadi trik yang perlu dicoba. Ini bisa Anda terapkan bila gambar diambil di tempat yang mengandung elemen air seperti sungai atau laut. Refleksi air bisa menambah keindahan pemandangan. Selain itu, teknik ini juga akan membantu foto Anda terlihat lebih simetris.

3. Foto Saat Matahari Tenggelam

Mengambil foto pemandangan saat matahari tenggelam akan memberikan pemandangan yang luar biasa indah. Gambar pemandangan yang diambil ketika matahari terbenam akan memiliki warna yang penuh dan nuansa yang menarik. Cahaya matahari juga sangat lembut sehingga akan lebh mudah bagi Anda untuk mendapatkan exposure dari pemandangan itu.

Baca juga : Trik Foto Hitam Putih agar Terlihat Bagus dan Tajam

Foto Pemandangan (Landscape)

4. Tambahkan Objek Tambahan

Gambar pemandangan bisa terlihat biasa saja meski pemandangan itu sebenarnya keren. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menambahkan objek tambahan. Objek tambahan ini ada banyak jenisnya. Bisa benda yang ada di sekitar atau orang. Tambahan ini bisa membuat hasil gambar menjadi lebih manis.

5. Jadikan Format Panorama

Bagaimana kalau pemandangan yang ada ternyata sangat luas dan kamera Anda tak bisa mengambil semuanya? Padahal, kalau hanya diambil sebagian, gambar tersebut seolah tak bisa mewakili keindahan yang ada. Kalau kasusnya seperti ini, Anda bisa menyiasatinya dengan memotret menggunakan format panorama.

Beberapa kamera digital sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur yang satu ini. Hasil yang didapat pun cukup lumayan. Namun, kalau kamera Anda tak dilengkapi dengan fitur ini, Anda bisa mengambil gambar dari kiri ke kanan dan nanti satukan dengan Photosop.

Baca juga : Pelajari Cara Editing Foto Terbaik

6. Siluet

Bila kondisi foreground tempat Anda mengambil gambar jelek atau kotor seperti di pinggiran sungai atau danau yang di sekitarnya penuh sampah, maka gunakanlah fitur siluet. Anda bisa mengambil gambar itu dalam keadaan gelap dan fokus pada gambar utama seperti matahari terbenam. Fitur siluet ini akan membuat foreground yang jelek jadi tak terlihat.

7. Potretlah Sesuatu yang Bergerak

Ketika banyak orang berpikir bahwa gambar pemandangan adalah melulu pemandangan yang teduh, sejuk namun pasif, Anda bisa membuat hal berbeda dengan menangkap objek bergerak pada pemandangan tersebut.

Hal ini akan membuat foto itu terkesan lebih hidup dan menciptakan point of interest. Sebagai contoh, Anda bisa ambil foto pohon yang berayun tatkala ditiup angin. Bisa juga foto guyuran air hujan, awan yang sedang bergerak atau ombak di lautan.

Anda bisa mendapatkan foto pemandangan dengan hasil yang terbaik bila menerapkan beberapa hal tersebut. Namun, paling penting Anda juga harus paham pengaturan kamera Anda agar bisa menangkap hasil gambar terbaik.