Shellyloch.com – Biasanya, fotografer akan menggunakan lampu flash untuk mendapatkan gambar yang tepat bila mengambil dengan latar belakang matahari terbenam. Hal ini bermanfaat untuk menghasilkan gambar dengan pencahayaan yang cukup. Namun, kalau untuk fotografi Siluet, hal ini jelas tak bisa dilakukan. Ini tips yang bisa dilakukan untuk mengambil gambar ini!

Teknik Fotografi Siluet

Pilih Subjek yang Kuat

 

Fotografi Siluet

Untuk mengambil gambar siluet, hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah memilih subjek yang kuat. Hampir semua objek sebenarnya bisa digunakan untuk mengambil gambar siluet. Namun, tidak semua bisa menghasilkan siluet yang baik. Pilihlah objek dengan bentuk yang kuat dan mudah dikenali meski bentuknya adalah siluet. Buatlah ia cukup menarik dan bisa menahan minat penglihatnya untuk melihat gambar yang diambil lebih lama.

Kamu harus ingat bahwa foto siluet tidak memiliki warna, tekstur dan tone subjek. Oleh sebab itu, siluet yang kuat adalah daya tarik utamanya. Konsentrasilah pada bentuk siluet dari suatu objek dan jangan memilih objek dengan bentuk siluet yang samar.

Matikan Flash Kamera

Seperti yang sempat disinggung tadi, flash kamera berguna untuk memberikan pencahayaan yang cukup untuk objek foto kamu. Namun, khusus untuk foto siluet, flash kamera wajib dimatikan. Pastikan kamera yang kamu gunakan tidak dalam mode auto atau program yang mana pada mode ini kamera akan otomatis menghidupkan flash tatkala objek kurang cahaya.

Ubah pengaturan kamera kamu ke manual atau matikan flash untuk mendapatkan hasil fotografi siluet yang bagus. Biarkanlah objek yang diambil memiliki konsekuen gelap atau kekurangan cahaya. Dengan trik ini, siluet yang didapat akan lebih menarik dan jelas.

Baca juga : Trik Foto Di Pantai Untuk Hasil Yang Indah (Jarang yang Tau)

Framing

Teknik lain yang harus kamu lakukan ketika mengambil gambar siluet adalah dengan melakukan framing. Framing pada jepretan siluet bisa membuat view yang lebih menarik, namun dengan background yang lebih terang. Background yang dimaksud bisa berupa langit tanpa awan dan lain sebagainya.

Mode Otomatis atau Manual

Mode otomatis ini adalah kemampuan kamera untuk mengekspos sebuah foto sehingga bisa memiliki elemen pencahayaan yang cukup. Untuk menggunakan mode ini, kamu bisa mengarahkan kamera pada titik paling terang pada gambar setelah itu baru tekan tombol shutter separuh saja dan jangan dilepaskan dulu. Hanya saja, teknik ini hanya bekerja pada sebagian kamera DSLR saja. Kalau teknik ini tak berhasil pada kamera kamu, mau tak mau kamu harus menggunakan mode manual. Namun, pastikan kamera kamu mendukung fitur pengaturan eksposure secara manual lebih dulu. Kamu bisa melakukan pengaturan pada shutter speed dan aperture untuk ini.

Baca juga : Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus

Fokus

Fokuslah ke satu titik yang ingin kamu ambil. Pada kebanyakan kasus, biasanya foto siluet ini bertujuan untuk mengambil keseluruhan foto atau dari atas hingga ke bawah dari objek tersebut. Namun, biasanya cara ini tidak akan berjalan dengan baik karena pembagian cahaya yang tak merata dari cahaya alami. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan fokus manual saja dengan menggunakan prefokus sebelum melakukan metering pada gambar. Setelah itu, gunakan aperture untuk
memaksimalkan depth of field dengan pengaturan kecil sehingga kamu bisa menghasilkan gambar yang lebih detail.

Jangan Ada Siluet yang Bertabrakan

Paling penting dari semua teknik ini adalah kamu harus memastikan bahwa tak ada siluet yang saling bertabrakan. Untuk mendapatkan siluet yang sempurna, tentunya kamu harus memperhatikan siluet lain di sekitar siluet yang akan kamu ambil gambarnya. Kamu harus berusaha agar semua siluet itu tidak saling berbentur apalagi bertabrakan. Jika terjadi tabrakan atau benturan antar siluet, maka siluet yang kamu ambil akan gagal karena bentuk yang dihasilkan tak akan maksimal. Sebagai contoh, kamu bisa lihat siluet dua orang yang hasil bertabrakan dalam sebuah bayangan. Apa yang terbentuk dari siluet itu
hanyalah garis tubuh yang saling tak jelas.

Itulah tips dalam mengambil fotografi siluet yang bisa kamu terapkan. Tips tersebut harus benar-benar diterapkan untuk mendapatkan foto siluet yang benar-benar bagus dan menarik.

Paling penting dari mengambil gambar siluet ini adalah bentuk gambarnya yang jelas dan bisa dikenali meski tak ada warnanya.