Shellyloch.com – Siapa pun berhak atas informasi. Termasuk mengenai teknik fotografi. Dulu, tak sembarang orang bisa belajar fotografi. Yang mampu masuk ke dalam fakultas adalah yang paling berhak. Kini ilmu tentang fotografi dibagikan secara gratis dari platform manapun. Secara keilmuan memang gratis dan hanya ada kursus tambahan untuk mempertajam kemampuan saja. Tetapi secara garis besar, semua lebih mudah diakses.

Pelajari Teknik Fotografi Dasar Ini Jika Ingin Menjadi Fotografer Profesional

Teknik Fotografi

Teknik Foto Bokeh

Meskipun teknik itu sudah dijelaskan secara gamblang di berbagai platform, nyatanya tidak semua orang mampu membidik foto yang bagus. Semua itu tetap tergantung dari pengguna kameranya. Kalau kamu cukup handal, dalam waktu cepat kamu mampu menguasai tekniknya. Dan dengan segera kamu berubah menjadi profesional. Tetapi hal sama belum tentu terjadi pada orang lain. Oleh karena itu, kelas memang tetap dibutuhkan sebagai pendampingan. Untuk mengontrol sejauh mana peserta pelatihan mampu mempraktikkan informasi. Cepat atau lambat tergantung dari kerja keras tentu saja.

Pentingnya Belajar Teknik Fotografi

Meskipun semua hal besar muncul dari gagasan atau konsep, tetapi tanpa didampingi teknik yang tepat sebuah gagasan tidak akan terwujud. Maka ilmu teknis itu juga penting. Dan pihak-pihak terampil yang mampu melakukan pekerjaan ini.

Fotografi adalah urusan teknis, alhasil diperlukan teknik dalam melakukannya. Tidak semua orang mampu mendalami karier sebagai fotografer. Itu menandakan bahwa fotografi pun tidak mudah ditekuni. Tetapi bukan berarti sulit dilakukan juga. Ini juga tergantung dari passion seseorang. Ketika orang menikmati tentu akan menjadi profesi nanti. Kalau tidak menikmati, barangkali fotografi hanya menjadi ilmu yang sekadar mampir.

Kalau kamu benar-benar memiliki minat dan passion dalam bidang fotografi, maka wajib hukumnya untuk mempelajari teknik fotografi. Langkah belajar yang baik adalah pelajadi dengan teknik dasar dahulu karena ini adalah bekal untuk menjadi fotografer handal.

Tanpa tahu tekniknya, kamu sulit mempraktikkan. Lagipula seorang yang belajar secara otodidak pun belajar mengenai teknik ini. Bedanya adalah mereka berguru kepada media buatan manusia, bukan manusianya secara langsung.

Selain itu, bidikan lensa yang penggunanya paham teknik itu jelas berbeda dengan yang tidak mengerti. Sudah jelas masalah ini, tidak perlu lagi dipungkiri. Kalau kamu ingin menghasilkan foto yang bermakna, maka kamu harus belajar dulu, dan ini adalah bacaan tentang Belajar Fotografi yang bisa kamu pelajari.

Macam-Macam Teknik Fotografi Dasar

Ada beragam teknik fotografi. Semakin hari tekniknya pun semakin berkembang. Apalagi kini sudah bermunculan smartphone yang dibekali kamera handal. Bahkan dengan handphone saja kamu bisa menghasilkan foto bagus.
Tetapi bagi seorang fotografer sejati, tetap beda hasil bidikan dari kamera asli dengan yang dari smartphone. Nilai estetika akan lebih mengena bila menggunakan kamera digital. Sebab kamera digital biasa akan memungkinkan kamu menerapkan berbagai teknik dalam fotografi. Apakah saja tekniknya? Simak di bawah ini.

1. Teknik Bokeh

Teknik ini cukup populer di hari ini. Orang sangat senang mengabadikan momen dengan teknik ini. Apalagi kamera smartphone pun sudah memiliki teknologi untuk mengambil gambar dengan teknik bokeh.

Teknik ini sungguh mantap karena foto akan difokuskan pada sebuah objek saja. Sedangkan objek sisanya akan terlihat lebih blur. Nah, ini seakan mengajak kamu untuk lebih fokus. Fokus terhadap kelebihan kamu dan biarkan kelemahan itu tampak blur saja.

Baca juga : Mengenal Jenis Sensor Kamera, Fotografer Harus Paham Ini

2. Teknik Siluet

Siapa yang tidak suka mengambil foto dengan teknik siluet? Rasanya tidak ada sepertinya. Teknik ini sangat bagus dan memberi kesan mendalam. Apalagi teknik ini bisa bekerja ketika saat sunset tiba.

Foto siluet akan lebih dramatis karena objek diambil dengan membelakangi cahaya. Objek akan tampak gelap sementara cahaya hanya berasal dari sunset saja.

3. Teknik Fotografi Makro

Yakni mengambil fokus pada objek kecil sehingga ia tampak detail. Nah, untuk melakukan teknik ini harus dibekali sabar yang tidak terhingga. Sebab perlu waktu lebih untuk menempatkan fokus pada objek sehingga mampu menghasilkan foto yang bagus.

4. Teknik Motion Blur

Teknik ini pun tak kalah populer. Karena efek gambar sangatlah dramatis. Kamu akan mampu menangkap objek bergerak menggunakan teknik ini. Kalau ingin mengambil foto kendaraan yang melintas, maka paling pas menggunakan teknik ini.

Cara untuk melakukannya adalah dengan memperlambat kecepatan rana lalu arahkan kamera saat objek bergerak. Maka fokus akan terarah pada objek bergerak sedangkan sisanya akan kabur.

Baca juga : Pilih Mana? Kamera DSLR atau Mirrorless

5. Teknik Long Light

Long light alias pencahayaan panjang lebih sering digunakan untuk mengambil objek berupa air, awan, maupun objek di alam lainnya. Teknik ini sangat cocok untuk mengambil pemandangan alam. Kalau kamu suka natural fotografi, kamu bisa gunakan teknik ini.

Pelajari dan Praktikkan

Ketika sudah tahu ilmunya, akan sia-sia bila tidak dipraktikan. Ilmu tentang teknik fotografi sekarang sangat mudah ditemukan. Nah, kamu bisa mengakses dengan mudah dari mana pun tetapi belum tentu mampu mahir dalam membidik lensa. Maka, perlu praktik yang terus menerus tanpa kenal lelah. Semakin banyak mencoba maka semakin bagus untuk meningkatkan kemampuan. Karena bila tidak dipraktikkan, ilmu teknik fotografi hanya akan berakhir sebagai tulisan.

Semoga artikel ini dapat penambah ilmu untuk mengasah dan belajar ilmu Teknik Fotografi kamu.