Shellyloch.com – Dalam dunia fotografi, ada yang disebut dengan foto Landscape dan foto Portrait. Keduanya
memiliki teknik yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang pas dan enak dilihat. Dengan teknik pemotretan yang tepat, hasilnya akan sangat menarik. Kalau kamu mau mencoba mengambil salah satu atau dua jenis foto di atas, ini dia caranya!

1. Teknik Mengambil Gambar Landscape

Foto Landscape

Dalam mengambil foto jenis ini, kamu sebenarnya bisa mengambil gambar apa saja. Namun, kebanyakan orang akan memilih mengambil gambar pemandangan untuk mendapatkan hasil terbaik. Ini dia teknik menggambarnya!

Gunakan Slow Speed

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan dalam mengambil fotografi jenis ini adalah dengan menggunakan slow speed. Dengan memakai teknik ini, kamu bisa mencapai depth of field atau ruang fokus yang lebih besar sehingga foto yang kamu ambil pun hasilnya bisa lebih tajam. Dengan teknik ini pun, kamu juga bisa mendapat berbagai efek yang bisa menambah estetika.

Menggunakan Air sebagai Refleksi

Teknik kedua yang bisa kamu terapkan adalah dengan menggunakan air sebagai refleksi. Ini bisa kamu gunakan tatkala mengambil gambar di lokasi yang mengandung elemen air seperti di sungai atau laut. Carilah sudut gambar yang bisa digunakan sebagai cermin. Dengan dapat refleksi ini, keindahan yang didapat dari hasil foto landscape kamu akan lebih menonjol.

Cari Titik Fokus

Titik fokus yang dimaksud di sini bukan lokasi tempat kamu mengambil gambar. Titik fokus yang dimaksud adalah titik di mana mata penikmat akan tertuju pada foto pertama kali berhenti lalu pada akhirnya menjelajahi seisi area foto tersebut. Titik ini bisa disebut sebagai titik awal untuk mengeksplorasi gambar kamu.

Baca juga : Mempelajari Teknik Fotografi Siluet Untuk Hasil Yang Maksimal

Gunakan Foreground

Jangan pernah melupakan foreground ketika mengambil foto ini. Foreground bisa membuat
gambar kamu terlihat lebih berdimensi. Selain itu, ada sensasi kedalaman dari foto yang bisa kamu dapatkan juga dengan menggunakan teknik ini. Namun, untuk menghasilkan gambar yang tepat, tentunya titiknya juga harus tepat.

2. Teknik Mengambil Gambar Portrait

Foto Portrait

Lalu, bagaimana dengan teknik mengambil gambar yang satu ini? Sebenarnya, cara mengambil gambarnya tak jauh berbeda dengan gambar fotografi Landscape. Namun, tentu saja ada perbedaan juga di antaranya untuk mendapatkan hasil terbaik. Ini dia teknik yang tepat!

Gunakan Lensa Focal Length Panjang

Tips pertama yang bisa kamu terapkan dalam mengambil gambar jenis ini adalah dengan menggunakan lensa focal length panjang dengan ukuran 200 mm atau minimal 85 mm. Hal ini bertujuan untuk mencegah blur pada area di sekitar latar belakang foto. Kalau sudah begini, tentu saja hasil gambar akan terlihat lebih smooth.

Dengan menggunakan lensa ini, hasil foto yang didapat pun nantinya akan lebih dekat dengan subjek gambar. Sebab, karakter lensa ini adalah bisa memperdekat subjek dengan background.

Baca juga : Begini Trik Foto di Pantai Untuk Hasil Yang Indah

Hindari Eye Level

Secara umum, gambar yang dihasilkan Fotografer memanfaatkan eye level atau fokus mata. Namun, untuk bidikan foto jenis ini, ada baiknya kamu menghindarinya. Hal ini bisa memberikan efek berbeda pada hasil foto kamu. Meski nantinya akan terlihat berbeda dan agak unik, namun teknik ini bisa membuat setara objek di sekitar.

Gunakan Flash dari Sudut Pandang Arah Berbeda

Umumnya, foto jenis ini diambil dalam kondisi gelap dan menggunakan flash untuk pencahayaan. Namun, menerangi objek dengan flash akan menghasilkan gambar yang terlihat datar dan akan menghilangkan efek dimensi. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tidak menggunakan flash langsung dari depan model atau gambar.

Ambillah sudut pandang berbeda seperti dari arah samping. Hal ini akan memberikan efek light dan shadow pada gambar yang diambil. Tak hanya itu saja, hal ini juga bisa membantu menonjolkan sisi detail subjek yang diambil. Kombinasikan dengan latar belakang yang tepat agar tampilan lebih menarik.

Nah, itulah perbedaan antara mengambil gambar untuk teknik fotografi Landscape dan Portrait. Meski terlihat banyak perbedaan di antara semua tekniknya, namun keduanya bisa menghasilkan gambar yang sama baiknya, lo! Kamu bisa menerapkan tips-tips mengambil gambar di atas untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik terlebih untuk yang masih pemula.