Shellyloch.com – Semakin terkenal dan banyak dijadikan hobi membuat istilah-istilah dalam dunia fotografi muncul ke permukaan. Hal ini cukup membingungkan terutama bagi mereka yang awam terhadap dunia perfoto-an ini. Sering kali mereka terjebak di antara istilah fotografi dan fotografer yang sering dianggap memiliki arti yang sama. Namun, ternyata pengertian fotografi sebenarnya sangat jauh berbeda dari istilah fotografer.

Sebenarnya, fotografi merupakan sebuah aktivitas menghasilkan karya seni berupa gambar menggunakan sebuah alat khusus yang bekerja menggunakan cahaya. Sedangkan pengertian dari fotografer merupakan orang yang melakukan aktivitas tersebut.

Dari pengertian tersebut sudah jelas bukan perbedaan antara keduanya, walaupun keduanya juga masih berkaitan. Nah, agar lebih memahami soal apa itu fotografi, berikut merupakan penjelasan lengkap terkait pengertian fotografi.

Pengertian Fotografi dari Berbagai Sumber

Secara bahasa, fotografi merupakan kata serapan dari bahasa inggris yaitu photography. Pothography sendiri sebenarnya berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari dua kata, yaitu “photos”yangmemiliki arti cahaya dan “grafo” yang berarti tulisan atau lukisan. Dari pengertian tersebut, maka secara bahasa fotografi memiliki atri menulis atau melukis menggunakan cahaya.

Menurut kamus besar bahasa Indinesia, fotografi diartikan sebagai seni dan penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan. Jadi, secara umum, fitografi merupakan sebuah aktivitas yang menghasilkan gambar dari sebuah objek dengan menggunakan cahaya yang dipantulkan pada media tertentu yang dipekakan.

Fotografi Menurut Para Ahli

Selain pengerian sbelumnya, beberapa ahli dalam bidang ini pun mengemukakan pendapatnya terkait pengertian fotografi.

Elliott Erwitt seorang fotografer profesional asal Prancis ini pun mengemukakan pendapatnya tentang pengertian dari fotografi. Menurutnya, fotografi adalah sebuah seni observasi. Ia menambahkan bahwa fotografi adalah tentang menemukan suatu hal yang menyenangkan di tempat yang biasa.

Berbeda dengan Elliott, Ansel Adams, seorang fotografer sekaligus aktivis lingkungan asal Amerika pun memiliki lendapat sendiri terkait fotografi. Ia berpendapat bahwa fotografi merupakan sebuah media yang sangat kuat untuk berekspresi dan berkomunikasi.

Baca juga : Pengertian Fotografer

Adams menambahakan bahwa hal ini menawarkan berbagai macam presepsi, interpretasi serta eksekusi yqng sangat luas dan tidak terbatas.

Tak mau ketinggalan, seorang fotografer profesional asal Indonesia pun unjuk suara tentang pengertian dari fotografi menurut dirinya. Ialah Yudhi Soerjoatmodjo yang menyatakan bahwa fotografi merupakan media komunikasi serta alat dialog. Tak hanya sebagai aktivitas, Yudhi meyakini fotografi sebagai fungsi. Yaitu sebagai alat dokumentasi, informasi dan bagian dari seni.

Kesimpulan

Dari beberapa pengertian fotografi yang disampaikan oleh beberapa pihak di atas, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa fotografi merupakan sebuah aktivitas seni yang dialkukan dengan cara menhambil gambar melalui sebuah alat yang disebut kamera.

Sebagai sebuah seni maka aktivitas fotografi ini pun harus menghasilkan sesuatu yang dapat dinikmati oleh semua orang, tidak hanya bagi pelakunya saja. Olah karena itulah fotografi terus berkembang dan memiliki berbagai teknik untuk menghasilkan suatu karya yang menarik.

Jadi, itulah pengertian fotografi yang sebenarnya, semoga bermanfaat!