Shellyloch.com – Dunia seni gambar yang satu ini sepertinya memang sedang naik daun beberapa tahun terakhir. Sejak munculnya telepon pintar dilengkapi dengan kamera yang semakin hari semakin canggih pun rasanya sangat mempengaruhi minat masyarakat terhadap seni foto yang satu ini. Banyak orang kemudian mengakui dirinya sebagai seorang fotografi. Namun, sebenarnya apa sih pengertian fotografer itu?

Secara sederhana, sebenarnya pengertian dari fotografer ini sudah dapat ditebak. Fotografer memiliki artian seorang yang melakukan aktivitas fotografi. Yap, begitulah kira-kira pengertian fotografer tersebut.

Fotografer juga sangat identik dengan sebuah pekerjaan. Jadi, fotografer juga dapat diartikan sebagai profesi seseorang yang berkaitan dengan aktivitas fotografi.

Namun, apakah semua orang yang melakukan aktivitas fotografi ini bisa disebut sebagai fotografer? Bagaimana dengan orang yang hanya bersenjatakan kamera bawaan telepon pintar untuk melakukan fotografi, apakah juga bisa disebut sebagai seorang fotografer pula? Dan bagaimana pula mereka yang hanya hobi melakukan aktivitas tersebut dan tidak dijadikan sebagai sebuah pekerjaan?

Agar lebih memahami tentang apa sebenarnya arti dari fotografer, mari simak artikel berikut ini

Lebih Dalam Mengenai Pengertian Fotografer

Pengertian Fotografer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa secara sederhana fotografer adalah seseorang yang melakukan aktivitas fotografi dan sangat identik dengan sebuah profesi. Namun, sebenarnya fotografer pun dibedakan menjadi dua yaitu fotografer profesional dan fotografer amatir.

1. Fotografer Profesional

Seperti namanya, pengertian fotografer profesional adalah mereka yang mendalami dunia fotografi secara mendalam. Biasanya para profesional inilah yang juga menjadikan hal ini sebagai sebuah profesi.

Oleh karena passion yang tinggi terhadap fotografi, para profesional ini cenderung memiliki konsentrasi mendalam terhadap apa yang mereka kerjakan sehingga hasil pekerjaannya cenderung memiliki harga yang tinggi di pasaran.

Hal ini dikarenakan fotografer profesional tak hany berpikir mengenai angle atau sudut penhambilan gambarnya saja tetapi juga memperhatikan proporsi dan seni yang ada pada suatu objek yang mereka foto.

Baca juga : Pengertian Fotografi

2. Fotografer Amatir

Berbeda dengan fotografer profesional, fotografer amatir cenderung menjadikan aktivitas ini sebagai sekedar hobi. Hasilnya, mereka sering kali tidak terlalu memperhatikan mengenai seni dari objek yang difoto.

Biasanya, mereka hanya fokus untuk mengambil gambar dengan hasil yang menarik dari objek foto yang menarik pula. Para fotografer amatir pun sering kali tidak terlalu memperdulikan soal hak cipta karrna aktivitas fotografi yang dilakukan hanya sebatas untuk mendapat pengakuan dari orang lain.

Hal lain yang membedakan fotografer maatir dengan mereka yang profesional adalah alat yang digunakan. Fotografer amatir biasanya hanya menggunakan alat sekadarnya saja yang dimiliki dan tidak mau mengeluarkan dana lebih untuk mempercanggih alat fotografi nya.

Maka, melihat dari kedua jenis fotografer tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian fotografer tidak hanya sebatas pada pengertian sederhana saja tetapi juga harus melihat aktivitas seperti apa yang dilakukan oleh para pelakunya. Semoga bermanfaat!