Shellyloch.com – Seperti bidang fotografi yang lainnya, foto Close Up cukup banyak penggemarnya. Memotret
dengan cara ini tentunya memiliki tantangan tersendiri dan mengambil gambarnya harus dilakukan dengan cara yang benar. Salah-salah, hasil foto yang kamu ambil tidak akan maksimal. Bila kamu belum tahu bagaimana caranya yang benar, ini dia caranya.

Cara Mengambil Foto Close Up Yang Baik dan Benar

Fotografi Close Up

Pengaturan Waktu

Sebenarnya, semua jenis kamera bisa digunakan untuk mengambil foto model ini. Paling penting, kamera tersebut memiliki fasilitas zoom yang baik. Selain itu, kamu juga harus memanfaatkan waktu yang tepat untuk mendapatkan gambar close up yang maksimal. Kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari di luar ruangan. Untuk waktu pagi, kamu bisa mengambil gambar dari jam 8 hingga jam 10 pagi. Sedangkan bila kamu mengambil gambar pada sore hari, waktu terbaik untuk mengambil gambar adalah jam 3 hingga 5 sore. Waktu-waktu tersebut sangat pas digunakan untuk mengambil fotografi Close up karena pencahayaan maksimal.

Pencahayaan

Lalu, perhatikan arah cahaya datang. Arahkan datangnya sinar matahari pada sisi kanan atau kiri dari model kamu. Jika matahari belum terlalu terang, ada baiknya kamu mengarahkan objek atau model sejajar dengan matahari di depan. Paling penting dari teknik ini adalah kamu tidak mengambil foto melawan arah sinar matahari karena hasilnya akan silau.

Pengaturan Kamera

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sebenarnya jenis kamera apapun bisa digunakan untuk mengambil gambar Close up ini. Jika kamera yang kamu miliki memiliki fasilitas zoom atau tele yang baik, maka manfaatkanlah. Hal ini bisa berguna agar jarak kamu dan model yang akan dipotret cukup jauh. Usahakan juga untuk tidak mengambil gambar menggunakan lensa wide angle atau lensa lebar. Sebab, bila kamu menggunakan ini, hasilnya wajah model akan terlihat lebih lebar karena terjadinya distorsi.

Baca juga : Perbedaan Teknik Foto Landscape dan Portrait Untuk Hasil Yang Baik

Gunakan Lensa Macro

Daripada itu, akan lebih baik bila kamu memanfaatkan lensa macro saja. Lensa jenis ini bisa memberikan pembesaran yang lebih jika dibandingkan lensa jenis lainnya. selain itu, lensa ini juga bisa memberikan jarak fokus yang lebih dekat dalam artian kamu bisa mengambil gambar lebih dekat dari objek.

Fokus Manual

Ketika memotret dengan menggunakan tangan alias tanpa bantuan tripod, ada baiknya kamu set kamera ke manual fokus dan maju mundurkan kamera kamu untuk mendapatkan fokus yang pas. Hal ini berguna untuk menghasilkan gambar yang baik. Berbeda bila kamu menggunakan tripod yang sebenar cara mengambil gambarnya akan lebih sederhana.

Gunakan Tripod

Kalau kamu mau lebih sederhana, tak ada salahnya kamu menggunakan tripod saja. Kamu bisa menggunakannya untuk menghasilkan gambar yang baik dengan pencahayaan yang natural. Selain itu, dengan menggunakan bantuan tripod saat mengambil gambar, foto close up yang kamu ambil bisa mendapatkan shutter speed lebih lambat.

Baca juga : Pelajari Teknik Fotografi Siluet Untuk Hasil Yang Maksimal

Berkomunikasilah dengan Model

Tips lain yang bisa kamu gunakan untuk mengambil fotografi Close up adalah dengan tetap berkomunikasi dengan model. Biasanya, model pada gambar ini akan merasa kaku pada saat mengambil foto terlebih untuk yang pertama kali. Untuk mencairkan suasana, tak ada salahnya kamu membuat si model merasa santai dan mengajak model mengobrol.

Jika perlu, lakukan pemotretan sambil berbincang-bincang. Biasanya, model baru akan bisa santai setelah setengah jam pemotretan berjalan. Satu lagi, bila dalam pemotretan ada pose si model yang tak bagus, ada baiknya kamu jangan berkata jelek pada model. Kamu bisa memintanya untuk mengganti pose agar psikologis si model tetap baik dan tak jatuh.

Fokuslah pada Mata

Terakhir, cobalah untuk berfokus pada mata si model. Hal ini penting dilakukan mengingat gambar yang kamu ambil adalah sebatas ujung kepala hingga baju saja. Jadi, mata adalah hal paling penting dalam gambar close up ini dan harus dijadikan titik utama.

Itulah hal yang bisa kamu lakukan dalam mengambil foto Close Up yang baik dan benar. Untuk mempercantik tampilan gambar, kamu bisa meminta model untuk menunjukkan berbagai ekspresi. Baik itu ekspresi datar, sedih, tersenyum, tertawa, marah, terkejut atau lainnya. Tentu saja, ekspresi yang kamu minta pada model harus sesuai dengan tema fotomu.