Shellyloch.com – Memasarkan produk secara daring memang mudah. Namun, agar dapat memikat para pembeli, kamu harus pandai dalam mengambil potret foto produk yang kamu jual. Pastikan produk tersebut terlihat menarik sehingga calon pembeli berminat padanya. Nah, apa saja trik memfoto produk yang bisa kamu terapkan?

Trik Mempotret Foto Produk Agar Memikat Pembeli

Fotografi Produk

gambar : bagbenka.com

Siapkan Latar Belakang Foto

Sebelum kamu mengambil gambar produk yang baik, kamu harus menyiapkan latar belakang foto yang baik pula. Untuk meminalisir pengeluaran, kamu bisa menggunakan studio mini saja. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat studio mini ini tak banyak. Kamu bisa memanfaatkan barang di sekitar seperti karton putih, selotip, meja, dinding dan lainnya.

Sebaiknya, pilihlah latar belakang foto dengan warna polos dan netral seperti putih. Dengan warna ini, kamu bisa menonjolkan sisi detail dan kesan cerah pada produk yang kamu jual. Jangan lupa untuk menambahkan kertas di sisi foto sebagai cahaya tambahan untuk menerangi bagian yang gelap dari produk tersebut agar tidak menimbulkan bayang.

Pakai Model

Jika produk yang kamu jual bisa dipakai, saran disarankan untuk menggunakan model. Hal ini bertujuan sebagai gambaran bagi calon pembeli. Biasanya, produk yang menggunakan model ini adalah produk fashion. Produk yang pas di badan sang model pasti akan terlihat lebih menarik dibanding hanya dipakaikan pada manekin.

Selain itu, dengan menggunakan model, kamu bisa menggambarkan dengan jelas produk tersebut. Untuk mempermudah, kamu bisa meminta bantuan teman atau saudara untuk menjadi model dadakan untuk produk yang kamu jual.

Baca juga : Cara Mengambil Fotografi Close Up Yang Baik dan Benar

Manfaatkan Pencahayaan Alami

Dalam mendapatkan foto yang baik, satu hal yang wajib dilakukan adalah memberikan pencahayaan yang baik. Kamu bisa menggunakan lampu untuk mengatur pencahayaan. Namun, kamu bisa memanfaatkan pencahayaan alami untuk hasil yang lebih baik. Kamu bisa mengambil foto secara outdoor saja.

Cahaya alami yang berasal dari sinar matahari bisa membuat objek foto kamu lebih terang. Namun, kalau kamu tidak mau memfoto secara outdoor, kamu tetap bisa memanfaatkan pencahayaan alami, kok! Caranya, tinggal buka saja jendela atau pintu. Jika cahaya masih kurang, kamu bisa menggunakan lampu tambahan untuk ini.

Arah Cahaya

Arah cahaya juga wajib kamu perhatikan untuk mendapatkan fotografi produk yang bagus dan bisa menarik perhatian pembeli. Kamu bisa menggunakan cahaya flash yang lembut untuk arah cahaya ini. Ada beberapa arah cahaya yang bisa kamu pilih. Pertama adalah arah depan.

Hanya saja, arah satu ini paling jelek dan biasanya foto yang dihasilkan terlihat flat. Selain itu, kamu bisa memilih arah cahaya dari samping yang merupakan arah cahaya paling baik. Arah ini bisa memunculkan sisi yang jarang terlihat dari suatu objek sehingga akan membuatnya unik. Selain itu, cahaya dari samping ini juga bisa memunculkan gradasi. Arah belakang juga bisa kamu pilih. Arah ini bisa jadi pilihan bila kamu menginginkan berkas-berkas cahaya di tepian objek.

Kamu juga bisa memilih cahaya dari bawah yang berguna untuk teknik flat lay dan membuat objek terlihat mengkilat. Satu lagi, kamu bisa mengambil gambar dengan arah cahaya dari atas. Hanya saja, arah ini bisa membuat gambar kamu terlihat lebih pendek.

Baca juga : Ini Bedanya Fotografi Landscape dan Portrait Untuk Hasil Yang Pas

Ambil Beberapa Angle

Agar calon pembeli lebih mengenali produk yang kamu jual, tak ada salahnya kamu mengambil foto untuk produk tersebut dari beberapa angle atau sudut potret. Sudut ini bisa mempengaruhi hasil foto kamu. Angle yang pas dari setiap objek biasanya akan berbeda-beda. Misalnya saja, bila kamu memfoto model pakaian, kamu bisa mengambil angle depan.

Selain angle depan, kamu juga bisa mengambil angle belakang. Sedangkan untuk produk makanan, akan lebih baik kalau kamu mengambil angle dari atas. Untuk menunjukkan detail yang lebih baik, kamu bisa mengambil beberapa angle yang berbeda untuk satu produk. Untuk bisa mendapat angle yang tepat, kamu harus berlatih keras lebih dulu.

Nah, itulah trik memotret foto produk yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus dan mampu menarik perhatian pembeli. Selain cara tersebut, ada baiknya kamu tidak menggunakan fitur zoom bila menggunakan kamera ponsel. Sebab, hal ini bisa menurunkan kualitas foto. Daripada itu, lebih baik kamu ambil gambar dari dekat saja.