Shellyloch.com – Mengenali Jenis Sensor Kamera, Fotografer Wajib Paham Nih! – Pada jaman dahulu, ketika kamera analog berjaya, gambar foto dihasilkan dari sebuah rol film atau sering juga disebut dengan istilah klise. Saat ini, ketika kamera digital berjaya, peran klise pun dihantikan dengan sensor. Jenis sensor kamera yang ada saat ini pun beraneka ragam.

Mengenal Jenis Sensor Kamera

jenis sensor kamera

Seperti yang sudah dikwtahui bahwa kamera digital tak lagi menggunakan rol film sebagai media yang menghasilkan gambar pada kamera. Peran dari rol film tersebut pada kamera digital sejatinya dihantikan oleh sebuah sistem sensor.

Sensor yang digunakan pada masing-masing kamera rupanya berbeda-beda jenisnya. Kebanyakan pun tidak kompatibel jika digunakan pada kamera jenis lainnya. Misalnya saja sensor kamera canon tidak akan dapat digunakan sebagai sensor di kamera Nikon.

BACA JUGA : Pengertian Fotografi yang Tak Banyak Diketahui Orang

Beberapa jenis sensor yang sering digunakan, diantaranya adalah:

1. CCD

CCD atau charge-coupled device adalah sensor yang fungsinya untuk merekam sebuah gambar. Dimana sensor ini di bangun dari beberapa komponen penting seperti sirkuit terintegrasi dan pasangan larikan kondensator.

Sensor CCD diyakini memiliki kualitas tinggi dan menghasilkan gambar yang minim noise. Walaupun demikian, sensor ini juga mengkonsumsi daya yang sangat besar sehingga membutuhkan daya yang besar untuk mengoperasikannya.

Jenis sensor ini sering kali digunakan di kamera yang memiliki fokus pada gambar dengan kualitas tinggi atau high-quality dengan pixel yang besar serta sensitivitas cahaya yang baik.

2. CMOS

CMOS merupakan dari Complimentary Metal-Oxide Semiconductor. Merupakan jenis sensor yang tak kalah banyak digunakan sebagai sensor dalam kamera digutal.

Jenis sensor kamera CMOS sebenarnya memiliki cara kerja yang sama dengan CCD, yaitu merubah cahaya menjadi elektron. Namun, sensor CMOS memiliki sensitivitas yang lebih rendah jika dibanding denhan CCD.

Oleh karena itu, hasil gambar yang dihasilkan oleh sensor ini tidak sebaik sensor CCD. Walaupun demikian, sensor CMOS menggunakan daya yang jauh lebih sedikit sehingga device atau alat yang menggunakannya diklaim lebih hemat tenaga.

Jenis Sensor Kamera Berdasarkan Ukuran

Ukuran standar sensor yang digunakan sebenarnya masih mengacu pada ukuran rol film yang digunakan pada kamera analog yaitu sebesar 35 mm. Ukuran ini kemudian dijadikan patokan ukuran sensor dengan sebutan full frame.

BACA JUGA : Pengertian Fotografi yang Tak Banyak Diketahui Orang

Ada banyak jenis ukuran sensor yang digunakan pada tiap-tiap kamera. Ukuran ini pula lah yang menentukan baik buruknya gambar yang dihasilkan selain menilik besarnya ukuran pixels.

Ukuran sensor yang digunakan akan selalu menyesuaikan tempat dimana ia akan digunakan. Hal ini menjelaskan bahwa sensor yang ada pada kamera compact maupun profesional akan jelas lebih besar dibanding pada kamera ponsel.

Beberapa jenis ukuran sensor kamera yang sering digunakan diantaranya:

  • Full frame
  • APS H
  • APS C
  • 1,5 Inchi
  • 4/Inchi
  • 1 Inchi

itulah beberapa hal terkait jenis sensor kamera yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat!