Shellyloch.com – Bokeh, bisa diartikan sebagai blur, buram atau mengaburkan. Dalam fotografi sendiri, efek bokeh ini berguna untuk memperjelas objek dan mengaburkan bagian lainnya seperti latar belakangnya. Hasil foto bokeh ini bisa menampilkan objek utama dalam foto lebih baik dan menambah nilai estetika foto tersebut. Nah, bagaimana sebenarnya cara mengambilnya, yuk kita simak?

Cara Mengambil Foto Bokeh pada Kamera Digital (DSLR) atau HP

  • Perhatikan Fokus pada Objek

Untuk mendapatkan foto yang bokeh, hal pertama yang harus diperhatikan adalah fokus objek. Tentukan objek yang ingin ditonjolkan. Kalau Anda mengambil foto manusia, maka letakkan fokusnya pada mata yang sedang difoto. Bila objek lain semisal bunga, bisa pada salah satu jenis bunga di taman saja.

Saat ini, kamera sebenarnya sudah cukup pintar untuk menentukan bagian mana fokus seharusnya berada. Hanya saja, kadang kamera juga bisa salah. Kesalahan bisa terjadi karena sesuatu yang bukan fokus lebih cerah dan kontras dibanding objek utama.

foto bokeh atau blur

  • Gunakan Lensa Fix atau Prime

Bila Anda memotret menggunakan kamera DSLR, maka gunakanlah lensa fix atau prime.  Lensa ini memiliki kecenderungan kualitas optik yang lebih baik dibanding yang lain. Selain itu, umumnya ia juga memiliki aperture yang lebih besar sehingga mampu menghasilkan efek bokeh yang lebih baik.

  • Tab Objek dan Gunakan Fokus Manual

Sedangkan bila Anda mengambil foto bokeh menggunakan kamera ponsel (Hp), Anda bisa memanfaatkan tab objek dan gunakan fokus manual saja. Fitur ini sudah tersedia di beberapa ponsel dan Anda hanya perlu mengatur tingkat blur dan jarak fokus ponsel saja. Untuk mempermudah, Anda bisa mengaktifkan grid pada layar untuk acuan Anda.

Baca juga : Fotografer : Ini yang perlu disiapkan pada Foto Pernikahan, agar hasilnya maksimal

  • Mendekatlah pada Objek

Hal lain yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan efek bokeh pada foto adalah dengan mendekatkan kamera pada objek. Foto akan terlihat lebih fokus pada satu objek dengan frame yang tidak terlalu lebar. Ingat, yang diatur adalah jarak kamera dengan objek, bukan dengan melakukan zoom.

Jarak terbaik untuk mendapatkan efek bokeh pada gambar adalah 1,5 hingga 2,5 meter dari objek tersebut. Pastikan Anda meletakkan objek utama foto di bagian paling depan frame atau di posisi foreground juga.

  • Hindari Terlalu Banyak Objek Foto dan Latar Belakang yang Ramai

Agar efek bokeh pada foto Anda maksimal, ada baiknya Anda menghindari terlalu banyak objek di dalam foto. Hindari juga latar belakang yang ramai. Ada baiknya, objek yang akan diambil gambarnya berada pada posisi yang sejajar. Kalaupun Anda mengambil foto grup dengan melibatkan banyak orang, paling tidak orangnya hanya dua atau tiga saja.

Baca juga : Cara Editing Foto Terbaik

  • Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Bila Anda mengambil gambar bokeh dengan menggunakan kamera ponsel (Hp), Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mempermudah. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda manfaatkan terlebih bila ponsel Anda punya spesifikasi tinggi dan resolusi kameranya juga tinggi.

Sejumlah aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan foto dengan efek bokeh terbaik adalah AfterFocus, PicsArt dan Lens Blur. Semua aplikasi itu memiliki kelebihan masing-masing. Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan.

Nah, itulah cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang oke baik menggunakan kamera DSLR ataupun kamera ponsel (Hp). Efek bokeh ini mampu menghasilkan foto yang keren dan Anda juga bisa menghilangkan bagian yang tak perlu pada gambar. Paling utama, Anda bisa menonjolkan objek utama dalam foto dan menambah nilai estetika.