Pilih Mana, Kamera DSLR atau Mirrorless? – Jika anda memutuskan untuk lebih serius menekuni dunia fotografi, mungkin anda juga perlu mengupgrade kamera anda menjadi kamera dengan interchangeable-lens atau kamerayang dapat diganti lensanya. Anda bisa memilih kamera DSLR atau mirrorles.

Istilah DSLR mungkin cukup familiar di telinga, tetapi bagaimana dengan mirrorless? Kira-kira apa bedanya antara kamera DSLR dengan kamera mirrorless? Dan manakah yang lebih baik?

Kamera DSLR atau Mirrorless

Kamera DSLR atau mirrorless

Sebenarnya kamera DSLR maupun mirrorless ini keduanya merupakan kamera digital. Pada spesifikasi yang sama, keduanya bahkan memiliki fungsi yang sama. Namun, walaupun demikian kedua jenis kamera ini tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Lantas muncul pertanyaan, jadi kamera DSLR atau mirrorles? Tenang! Anda akan mendapatkan jawabannya dengan menyimak artikel ini sampai habis. Yang pasti kedua jenis kamera ini sama-sama baiknya, tergantung pada kebutuhan pemakainya.

Sebenarnya, perbedaan mendasar dari keduanya hanya terdapat pada ada atau tidaknya kaca yang berfungsi untuk memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder atau jendela bilik.

Kamera DSLR atau digital single lens reflex masih menggunakan kaca tersebut sedangkan mirrorless, seperti namanya sudah tidak lagi menggunakan kaca sehingga cahaya dari lensa langsung diteruskan pada sensor gambar dan terlihat di jendela bilik elektronik.

Walaupun perbedaannya hanya ada pada satu hal, tetapi hal tersebut rupanya mampu merubah beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan anda untuk memilih antara kamera DSLR atau mirrorless.

BACA JUGA : 4 Peluang Bisnis Fotografi yang bisa Membuatmu jadi Jutawan!

1. Ukuran dan Berat

Keberadaan kaca rupanya sangat berpengaruh terhadap ukuran serta berat kedua jenis kamera ini. DSLR tentu memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan mirrorless yang tidak memerlukan kaca di dalamnya.

DSLR yang ter kecil saja memiliki bobot seberat 600 gram beserta lensanya. Sedangkan mirrorless yang terkecil hanya memiliki bobot 240 gram beserta kameranya.

2. Akurasi Autofokus

Cermin yang digunakan pada kamera DSLR rupanya juga mempengaruhi kecepatan autofokus yang dimiliki. Cermin tersebut digunakan untuk mengalihkan cahaya ke sensor khusus yang digunakan dalam sebuah proses bernama Phase Detect Auto Focus (PDAF).

Sedangkan kamera mirrorless menggunakan tekni autofokus yang sama dengan kamera compact ataupun kamera ponsel. Proses tersebut bernama Contrast Detect Auto Focus (CDAF) yang jelas jauh lebih lambat dibandingkan PDAF.

Namun, walaupun demikian teknologi kamera terus berkembang. Kini, kamera mirrorless pun terus berinovasi demi menciptakan teknologi autofokus yang tak kalah dengan kamera DSLR.

3. Kualitas Viewfinder

viewfinder yang terdapat pada kamera DSLR memungkinkan anda melihat secara langsung dengan lebih jernih, responsif dan cerah. Hal ini tidak akan didapatkan pada kamera mirrorless yang menggunakan layar digital ataupun viewfinder elektrik.

Viewfinder elektirik maupun layar digital biasanya akan lebih sulit digunakan, apalagi jika kondisi lingkungan sangat terang. Walaupun demikian, teknologi viewfinder elektrik pun semakin berkembang menjadi jauh lebih baik.

BACA JUGA : Pengertian Fotografer, Kamu yang Gemar Foto Termasukkah?

4. Image Stabilizator

Salah satu fitur yang wajib ada pada kamera modern adalah adanya stabilizator yang berfungsi untuk menagani goyang saat pengambilan gambar akibat tangan yang gemetar.

Adanya stabilizator ini akan mengurangi blur yang tidak diinginkan ketika mengambil gambar, terutama gambar pada kecepatan rana lambat. Mirrorless memiliki teknologi stabilizator yang lebih baik dibanding DSLR dengan adanya 5 axis image stabilizator.

Itulah beberapa hal yang merupakan kelebihan serta kekurangan dari kamera DSLR maupun mirrorless. Masalah mana yang lebih baik, kamera DSLR atau mirrorless itu semua kembali pada anda sebagai pengguna. Manakah yang sesuai kebutuhan?