Shellyloch.com – Era digital membuat semua hal tampak secara visual. Dulu mengirim foto saja sulitnya minta ampun. Harus menggunakan metode MMS yang memakan lebih banyak pulsa. Tetapi kini, dengan sekali klik ribuan foto bisa dikirimkan. Kebutuhan foto semakin tinggi maka belajar fotografi adalah kebutuhan pasti.

Apakah kamu menjalankan sebuah online shop? Atau kamu ingin mendedikasikan diri sebagai fotografer lepas? Lantas bingung karena tidak mahir dalam bidang fotografi? Eits tenang saja. Kini dengan berbagai kelas pelatihan maupun workshop kamu bisa menguasai bidang ini. Tidak harus mengenyam pendidikan di perkuliahan selama 3 hingga 4 tahun kamu sudah bisa mahir. Tentunya diperlukan jam terbang tinggi. Tetapi pertama kali yang harus dipastikan adalah kamu harus mau belajar.

Belajar Fotografi Adalah Kebutuhan Penting Di Era Digital Ini

Belajar Fotografi

Kabar baiknya kini belajar Fotografi bisa darimana saja. Entah via website maupun mengikuti kelas kursus. Selain lebih mudah diakses, biayanya tentu lebih murah dibanding harus ikut kelas kuliah di perguruan tinggi. Maka berbahagialah kamu yang mampu merasakan dahsyatnya dunia digital. Kini semua bisa dipermudah dan kamu bebas bereksplorasi untuk sekadar mengais rezeki. Tentunya salah satunya dari bidang fotografi.

Mengapa Harus Belajar Fotografi?

Tidak harus muluk untuk menjalankan usaha, kamu tentu punya akun sosial media bukan? Kini sosial media paling tren adalah instagram. Dan instagram ini adalah sosial media berlandaskan visual. Butuh pemahaman dalam hal fotografi untuk mampu sukses di instagram. Entah itu sebagai akun jualan, kebutuhan endorsement, maupun sekadar untuk memanen likes dan comment dari follower. Intinya, kemampuan fotografi sangat diperlukan.

Mengapa harus begitu? Dengan kemampuan fotografi yang mumpuni, kamu bisa membidik lensa ke objek dengan hasil memuaskan. Foto-foto nan indah bisa kamu rekam di lensa kamera. Hasil bidikan yang luar biasa itu akan mengundang decak kagum para follower kamu. Dengan begitu, mereka akan dengan kerelaan hati memberikan likes serta comment. Semakin banyak interaksi semakin bagus. Akun instagram kamu akan semakin ramai.

Dengan begitu, kelak kamu bisa memanfaatkan akun instagram itu. Entah untuk keperluan bisnis atau untuk dijual kepada orang lain. Intinya, akun yang ramai karena foto bagus milik kamu akan mendatangkan uang kelak.
Apakah kamu tidak ingin mendapatkan keuntungan dari situ? Kalau iya, segera fokuskan diri untuk belajar fotografi. Barangkali ini adalah jalan hidup kamu untuk mencari penghidupan di tengah zaman yang penuh persaingan.

Baca juga : Apa Pengertian FotoGrafi ?

Kriteria Hasil Foto yang Bagus

Tanpa ilmu fotografi yang mumpuni, mustahil kamu bisa menghasilkan foto yang bagus. Tetapi pertanyaannya adalah bagaimana kriteria sebuah foto dikatakan bagus? Bukankah hasilnya sama saja toh dibidik sama-sama dari kamera?
Oh tidak. Tidaklah demikian.

Kemampuan fotografi sangat menentukan kualitas foto hasil bidikan. Bisa bagus atau tidak tergantung dari pembidiknya. Kalau kamu cukup mahir, sudah pasti hasil foto itu mengagumkan dan mengundang banyak likes. Kalau mengambil foto dengan asal-asalan, tentu orang tidak akan tertarik untuk melihat. Apabila melihat pun hanya sekilas. Karena tidak ada kesan mendalam dari foto itu. Apa saja kriteria foto bagus ?

1. Proporsi yang Seimbang

Tentu ada beberapa objek dari latar belakang foto yang kamu ambil. Foto kamu dikatakan bagus ketika kamu mampu mengatur proporsi objek secara seimbang. Tidak terlalu berlebihan tetapi juga tidak kurang. Untuk mencapai hal ini dibutuhkan jam terbang tinggi. Maka selepas belajar fotografi kamu harus sering-sering latihan. Ulang terus menerus hingga kamu menemukan tingkat proporsi paling pas.

2. Sebuah Foto yang Punya Cerita

Meski tanpa dituturkan dengan kata sekalipun, sebuah foto yang bagus akan memiliki cara sendiri untuk bercerita. Foto seperti ini dihasilkan oleh fotografer yang luar biasa. Yang tentu mampu mengambil sudut pandang menarik sehingga terselip pesan di balik fotonya.

Kamu bisa melihat hasil dari National Geographic. Dari sana kamu bisa melihat secara langsung bagaimana sebuah foto mampu bercerita. Setelah itu, kamu bisa menduplikat caranya terlebih dahulu. Dan setelah itu bisa kamu eksplor sendiri sesuai gaya kamu.

Baca juga : Apa Pengertian FotoGrafer ?

3. Foto yang Tidak Ada Bocor

Bocor disini maksudnya adalah latar belakang yang tidak ada gangguan di belakangnya. Ketika kamu mengambil foto seorang model, pastikan di belakangnya benar-benar bersih dan tidak ada objek lain yang mengganggu. Foto yang bocor ini akan merusak makna yang ingin disampaikan oleh fotografer. Bisa dipastikan orang tidak akan terkesima, karena makna foto gagal diterima. Oleh karena itu, belajar fotografi adalah kebutuhan di masa kini. Jangan sampai kamu tidak tahu menahu tentang hal ini.

Beribu Manfaat Akan Didapat

Dengan mempelajari seni fotografi, kamu akan mendapat banyak manfaat. Entah dari segi finansial maupun dari kepuasan diri sendiri. Kamu pastilah akan senang ketika mampu menghasilkan sebuah foto yang menawan? Seketika foto itu akan menawarkan diri kamu kepada orang-orang. Saat orang mengakui kemampuan kamu, tanpa diminta mereka akan memanggil kamu ketika membutuhkan. Uang akan mengejar kamu, bukan malah sebaliknya.

Itulah manfaat yang didapat ketika kamu belajar fotografi. Sebuah kebutuhan masa kini yang wajib untuk dipenuhi oleh tiap generasi.